Selamat Datang Di Dunia Salak Gading, Semoga Blog Ini Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Sekalian

Senin, 21 Januari 2013



TUGAS POKOK BK
A.    Layanan Dasar yaitu layanan bantuan kepada peserta didik melalui kegaitan kelas
atau di luar kelas yang disajikan secara sistematis dalam rangka membantu perserta didik mengembangkan potensi dirinya secara optimal.

Tujuan sbb,
·         Membantu perserta didik agar memperoleh perkembangan yang normal.
·         Membantu perserta didik agar memiliki mental yang sehat.
·         Membantu peserta didik agar memperoleh keterampilan hidup (life skills)
B.      Layanan Resphonsif yaitu Layanan bantuan bagi para siswa yang memiliki kebutuhan atau masalah yang memerlukan bantuan dengan segera.

Tujuan sbb : Membantu para siswa agar dapat mengatasi masalah yang dialaminya.

C.      Layanan Perencanaan Individual yaitu Layanan bantuan kepada para siswa agar mampu membuat dan melaksanakan perencanaan masa depannya, berdasarkan pemahaman akan kekuatan dakn kelemamahan dirinya.

Tujuannya sbb:
1.   Agar para siswa memiliki kemampuan untuk merumuskan tujuan, perencanaan atau pengelolaan terhadap pengembangan dirinya baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar maupun karir.
2.       Agar para siswa melakukan kegiatan atau aktivitas berdasarkan tujuan atau perencanaan yang telah ditetapkannya.
3.      Agar parasiswa dapat mengevaluasi kegiatan yang dilakukannya.

D.      Layanan Dukungan Sistem yaitu Kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan memantapkan, memelihara dan meningkakan program bimbingan secara menyeluruh melalui pengembangan profesional, seperti ; hubungan masyarakat dan staff, konsultasi dengan warga sekolah lain dankonsultasi dengan orang tua.

Strategi Layanan

Pelaksanaan layanan dasar dengan cara:
1.       Bimbingan klasikal/masuk kedalam kelas terjadwal.
2.       Bimbingan kelompok/perserta maksimal 15 orang minimal 2 orang.

Layanan perencanaan Indivdual dengan cara:
1.       Penilaian individual
2.       Penasihatan individual/Kelompok, a.l :
a. Merencanakan tujuan.
b. Melaksanakan kegiatan.
c. Mengevaluasi.

Layanan Responsif dengan cara :
1. Konsultasi
2. Konseling individual / kelompok
3. Referal
4. Bimbingan Teman Sebaya / Bibllio konseling.

Dukungan Sistem dengan cara:
1. Pengenmbangan Profesional
2. Konsultasi dan Kolaborasi
3. Manajemen Program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar